selaksa makna

seperti kata-kata, hidup memiliki ribuan makna di baliknya..

Tata Cara Penggantian TNKB

Tata Cara Perpanjangan STNK lima tahunan (ganti Tanda Nomor Kendaraan Bermotor/plat) di Samsat Jakarta Timur (by pass Jl. DI Panjaitan, Kebon Nanas, Jatinegara, Jakarta Timur)

Saya mengurus perpanjangan lima tahunan untuk STNK sepeda motor pada 9 September 2011, yang pada pokoknya pengurusan dibagi menjadi dua besaran tahap, yaitu di luar gedung dan di dalam gedung.

Berikut ini urutan langkah yang bisa dijadikan panduan:

  1. Saat masuk ke halaman Samsat, jangan parkir motor dulu, tapi langsung saja menuju tempat gesek nomor rangka dan nomor mesin (ikuti arah panah). Di tempat gesek nomor, silakan antri menunggu petugas yang akan menggesekkan sepeda motor anda. Anda tidak perlu membeli formulir gesek apapun, karena petugas gesek sudah menyediakan formulir tersebut. Biaya formulir dan gesek adalah Rp.10.000,- dibayarkan kepada petugas gesek.
  2. Setelah dari petugas gesek, silakan menuju Loket 4 luar Gedung yang berada persis di sebelah tempat gesek. Silakan parkir motor di tempat parkir terdekat. Kemudian datang ke Loket 4 untuk menyerahkan: a) Asli BPKB, asli STNK, dan asli KTP; b) Copy BPKB, copy STNK, dan copy KTP, masing-masing cukup 1 eksemplar; c) Bayar Rp.30.000,-
  3. Petugas akan mencocokkan selintas berkas kita, kemudian akan mengembalikan kepada kita asli BPKB dan asli KTP. Kemudian silakan menunggu panggilan dari loket sebelahnya untuk menerima berkas selebihnya yang telah diperiksa. Setelah menerima kembali berkas kita dari Loket 4, silakan masuk ke gedung utama untuk melakukan proses lanjutan.
  4. Di dalam gedung utama, ambil formulir perpanjangan STNK di meja informasi, kemudian isi dan serahkan ke Loket 1 Pendaftaran dengan dilampiri semua berkas yang telah kita terima dari Loket 4 Luar Gedung, yaitu: a) asli BPKB, asli STNK, asli KTP, dan asli formulir gesek nomor rangka dan nomor mesin; serta b) copy BPKB, copy STNK, dan copy KTP.
  5. Setelah dicek sebentar, akan dikembalikan kepada kita asli BPKB dan nomor antrian untuk mengambil kembali berkas yang akan dicek.
  6. Kemudian kita akan dipanggil ke Loket 2 untuk mengambil notice (berupa formulir pajak) dan asli KTP dikembalikan.
  7. Selanjutnya bayar pajak di Loket 3 atau Loket 4 sejumlah Rp.277.000,-. (besaran pajak tergantung jenis dan tahun kendaraan). Sampai tahap ini STNK asli belum diserahkan kepada kita.
  8. Setelah membayar pajak, bawa bukti pembayaran pajak ke luar gedung untuk mengambil TNKB (plat) ke ruang cetak TNKB yang berada di samping tempat kita menggesek nomor rangka tadi. Pada saat mengambil TNKB ada biaya Rp.5.000,- atau biaya tersebut bisa juga dibayarkan di Loket 3 atau Loket 4 dalam Gedung.
  9. Kemudian balik ke Loket 3 atau Loket 4 dalam Gedung untuk mengambil asli STNK (yang baru) dan bukti pembayaran pajak.
  10. Proses selesai.

Waktu yang dibutuhkan sebenarnya sangat singkat, tetapi pada prakteknya memang tergantung banyak atau sedikitnya antrian yang ada.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: